Jumat, 09 Maret 2012

*** Tips agar Baterai Ponsel Tahan Lama ***

Sejenak berpaling dari Puisi ,, bukan berartitak ingin membuat Puisi lagi
tapi istirahat sejenak hehehehee
Kali ini aku menulis artikel tentang perawatan Baterai pada Ponsel
agar tahan lama ....

Dua hal yang slalu mengkhawatirkan kita dalam menggunakan Handphone
adalah kurang atau tidak ada nya pulsa dan ponsel cepat sekali lowbet
( baterai ponsel mati ).
Yang pertama masih lumayan karena kita masih bisa terima telfon dan SMS
tapi jika kita mengalami masalah ponsel lowbet ,, ini parah .
Karena hubungan dengan dunia luar benarbenar terputus .
Dapat dibayangkan ,, bagaimana pusing nya kita jika baterai HandPhone mati
pada saat kita dalam perjalanan atau memang sedang lagi menunggu telfon dari seseorang .

Berikut ini beberapa tips agar baterai HandPhone Anda dapat bertahan lama :

1. Sebaik nya Anda mengurangi Brightness ( pencahayaan ) setting pada layar.
Brightness menjadi salah satu penyebab daya tahan baterai berkurang drastis .
Dari 100% ,, Anda bisa menguranginya menjadi 50-70% saja ,, itu cukup untuk memperpanjang daya tahan baterai .

2. Persoalan kealpaan mematikan Bluetooth jika sudah digunakan juga seringkali menjadi pemicu baterai ponsel cepat lowbet karena itu matikan Bluetooth jika sudah tidak digunakan. Pastikan indikator Bluetooth dalam keadaan mati sehingga baterai handphone tidak tersedot drastis.

3. Gunakan mGlobal Positioning System atau yang lebih populer disebut GPS
seperlunya ,, karena fitur unggulan ini cukup banyak menyedot energy. Oleh karena itu ,, akan lebih baik jika fitur ini diaktifkan pada saat Anda membutuhkannya ,, misalnya saat bepergian keluar kota atau dalam perjalanan .

4. Kurangi Menghidupkan dan Mematikan HandPhone ,, karena pada saat handphone menyala pertama kali pasti akan melakukan proses pencarian sinyal operator. Daya untuk melakukan proses tersebut setara dengan nyala baterai standby selama 2jam . Oleh karena itu ,, jika sering menghidupkan dan mematikan handphone dapat mempercepat daya baterai habis .

5. Hindari penggunaan Wallpaper dengan Animasi 3D  karena untuk menggerakkan animasi tersebut memerlukan tenaga baterai. Sebaiknya pilih gambar dengan format JPEG daripada gambar atau animasi dalam format GIF ( gambar gerak ). Karena gambar gerak yang menjadi background pada handphone berarti handphon mu bekerja dua kali lebih keras dan pasti nya akan menguras baterai lebih cepat. Atau jika bisa ,, gunakan background satu warna ( warna hitam atau lainnya ) pada Hp .

6. Pilih Screen Timeout yang paling tepat ,, jika 14 detik terlalu cepat namun 1 menit terlalu lama untuk membiarkan layar menyala ,, maka pilihlah 30detik ,, pilih tengahtengah saja.

7. Nonaktif update otomatis Facebook ,, email atau sejenisnya. Karena perlu Anda ketahui bahwa proses update seperti ini justru akan otomatis tersambung kejaringan internet dan memerlukan akses sinyal yang bagus ,, maka hal ini lah yang memerlukan tambahan energy baterai yang cukup besar.

8. Salah satu faktor yang menyebabkan baterai Anda cepat habis adalah Kondisi HandPhone yang tidak mendapatkan sinyal. Ketika telepon seluler mu tidak mendapatkan sinyal sama sekali maka Hp akan terus berusaha mencari sinyaldan dengan demikian handphone terus menerus bekerja. Jika Anda mengalami kondisi ini ,, sebaiknya mulailah untuk restart Hp supaya sinyal bisa tertangkap dengan mudah. Atau jika sinyal tidak juga masuk ketika handphone sudah di restart berkali kali sebaiknya matikan dulu handphone beberapa saat. Ini dimaksudkan untuk memberi waktu handphone agar bisa bekerja secara optimal ketika kembali dihidupkan.

9. Jangan men-charge Handphone melebihi batas waktu. Contoh ,, kita men-charge handphone 2-3jam saja sudah penuh,, tetapi hindari men-charge lebih dari 5jam ,, kecuali bila memang baterai kalian belum penuh.

10. Pilihlah baterai yang tepat untuk handphone Anda. Dipasaran umum nya beredar hanya 2jenis baterai handphone ,, yaiyu jenis lithium ( Li-ion ) dan nickel ( Nicad/NiMh ). Perlakuan masingmasing jenis baterai ini jelas berbeda. Untuk lithium bisa dilakukan charger kapan saja tanpa harus menunggu baterai habis. Sedangkan jenis Nicad harus menunggu sampai habis ,, kemudian baru bisa dilakukan charger. Tujuan dari perlakuan yang berbeda tentu untuk lebih mengawetkan umur dari baterai ,, dengan begitu otomatis dapat menghindari berkurangnya kapasitas daya simpan baterai.

Itulah 10 tips merawat baterai handphone ,, semoga bermanfaat :)
dan bila ingin lebih awet lagi ,, jangan pergunakan handphone mu dalam bentuk apa pun ,, maupun dalam situasi atau kondisi apa pun ,, pasti dech dijamin awet heheheheeee :D

Tidak ada komentar:

Posting Komentar